Kamis, 28 Agustus 2008

Kegiatan Rainas


Pelaksanaan Rainas 2008 hari ke-3 berlangsung semarak, mulai dari Kegiatan Wisata, Petualangan Rimba, Bakti dan Keterampilan. Semua peserta Rainas 2008 yang mendapatkan rotasi kegiatan segera berkumpul di tempat kegiatan masing-masing. Begitu pun dengan kegiatan keterampilan, para peserta telah sampai di Kemah Putri (Kempi) V pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan Keterampilan ini terdiri dari Kegiatan Fotografi, Sinematografi, Komunikasi Visual, Jurnalistik,dan Broadcasting. Kegiatan yang bertujuan untuk melatih keterampilan dan kreatifitas ini sangat menarik dan mendapatkan antusiasme tinggi bagi para peserta Rainas 2008. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, para Anggota Gerakan Pramuka Golongan Penegak dan Pandega juga dirasa perlu untuk belajar mengenai hal tersebut.

Seperti yang dikatakan oleh Wakil Ketua Kwartir Nasional Periode 2003-2008, Kak Amoroso Katamsi. Beliau berujar, “Saya kira sangat cukup bermanfaat baik sebagai tambahan pengetahuan di kegiatan tersebut, tapi juga sebagai penambah wawasan hingga jika mereka bergerak di bidang tersebut maka bisa memberikan kontribusi yang bagus.” Para peserta yang ditemui di tempat kegiatan mengutarakan pendapatnya kepada Tim Buletin.

Kak Sari Aprimawati, peserta Kegiatan Sinematografi dari Kwarda Sumatera Barat mengatakan kegiatan ini sangat menarik. Ia beralasan bahwa kegiatan seperti ini sangat langka dan hanya terjadi sekali. Ia berujar dengan adanya kegiatan tersebut, menjadikannya lebih berani dan percaya diri untuk mengeluarkan kreatifitas diri. Selain diberikan materi-materi dasar tentang bidang masing-masing, peserta juga diminta untuk mengaplikasikannya dalam bentuk praktik. Misalnya untuk Kegiatan Sinematografi para peserta dibagi ke dalam tiga kelompok. Kelompok seni peran, kameramen, dan skenario. Begitu juga dengan kegiatan keterampilan lainnya.

Para instruktur yang didatangkan juga merupakan orang-orang yang sangat profesional dan berpengalaman di bidangnya masing-masing. Keakraban itu tampak jelas ketika praktik Kegiatan Broadcasting berlangsung di Markas Radio Raimuna FM. Instruktur yang berasal dari Asian Banking Finence Institute (ABFI) lewat lembaga mahasiswa IPFM-nya tak segan-segan membantu perbaikan pemasangan antena pemancar. Wah pokoknya seru deh, malahan para instruktur tersebut terlihat lebih semangat dari Sangga Kerjanya. “Pertama, mau ngucapin terima kasih buat Raimuna, bagus punya makna positif dan punya banyak bidang apalagi kami bisa membantu di Bidang Broadcasting,” ungkap Dodi mewakili rekan-rekannya.

Antusias para peserta nggak hanya terlihat pada saat kegiatan berlangsung. Tim Buletin sempat menjumpai para peserta sedang melakukan tanya jawab dengan seorang instruktur fotografer profesional yang bernama Bang Roy dari Genggam Fotografi, di sela-sela waktu istirahatnya. Pastinya, saat ada kesempatan, nggak pernah dilewatkan buat menimba ilmu. Kegiatan yang kesemuanya berpusat di Kempi V, memang berbeda dengan kegiatan-kegiatan Pramuka yang pernah ada.

Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan seperti ini diharapkan untuk sering diadakan karena sebagai sarana untuk meningkatkan kreatifitas dan kemandirian di kalangan generasi muda seperti kita. Semakin banyak memiliki keterampilan, pasti akan lebih mandiri, apalagi selalu mengamalkan Dasa Darma dalam keseharian, dijamin bakal tambah oke saja, Setuju kan?

Tidak ada komentar: